Outlet Essential Oil: Jalan Danau Poso no 77, Sanur ( 10am -  5pm) 

Cara Menghilangkan Kutil dengan Tea Tree Oil

Kutil, atau warts, disebabkan oleh virus human papillomavirus (HPV), yang dapat menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain. Kondisi kulit ini dapat terjadi pada siapapun, berbagai usia dan di area berbeda-beda pada tubuh. Meski tidak berbahaya, kutil bisa jadi mengganggu atau terasa sakit. Jika dibiarkan kutil dapat menyebar ke bagian tubuh yang berbeda karena virus yang tersebar, hal ini dapat membuat kutil jadi susah menghilang.

 

Obat alami kutil dengan Tea Tree Oil

 

Berikut adalah alasan mengapa tea tree oil bisa jadi pilihan yang baik untuk mengobati masalah kutil:

 

Sifat anti-virus: sebuah studi pada tahun 2001 menemukan bahwa kombinasi minyak eukaliptus dan tea tree terbukti efektif terhadap herpes simplex virus. Studi lain pada tahun 2013 juga membahas performa tea tree oil dalam mencegah penyebaran virus influenza. Jadi, bukan hanya wangi nya saja yang kuat, keefektifan tea tree oil dalam menghadapi patogen (termasuk virus) secara umum sudah terbukti. Meski belum ada studi yang membahas peran tea tree oil dalam mengobati virus HPV secara spesifik, besar kemungkinan bahwa minyak ini ketika digunakan punya manfaat yang besar dalam menghilangkan kutil yang disebabkan oleh virus. (sumber: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/11338678/ dan https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23966077/ ).

 

Meningkatkan kekebalan tubuh: Sistem kekebalan tubuh merupakan salah satu faktor penting dalam masalah kutil. Seringkali, ketika seseorang mempunyai sistem imun yang sehat, kutil akan menghilang dengan sendirinya. Selain menerapkan pola hidup sehat, mengaplikasikan tea tree oil pada area bermasalah dapat membantu menghilangkan masalah ini. Minyak tea tree, menurut sebuah studi, dapat mengaktivasi sel darah putih yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh, ketika dioles ke kutil niscaya sel darah putih akan melawan virus yang terdapat pada area tersebut. (sumber:https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10519561/ ).

 

Sanitasi: virus HPV dapat menyebar lewat sentuhan dengan sangat mudah, sehingga kita harus memberi perhatian khusus saat berada di ruang public juga ketika bersentuhan dengan orang lain. Selain eukaliptus, minyak tea tree merupakan salah satu komponen unggulan saat membahas zat-zat yang terbukti efektif menumpas mikroba. Cukup dengan melarutkan beberapa tetes tea tree oil dengan cuka dan air, kamu juga bisa dengan mudah mencegah penyebaran HPV dan kuman lain! (sumber: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1360273/ ).

 


Mengobati kutil dengan Tea Tree Oil.

 

Langkah yang bisa diikuti untuk menggunakan tea tree oil dalam mengobati kutil adalah sebagai berikut: 

Campur satu hingga dua tetes tea tree oil dengan kurang lebih 12 tetes carrier oil.

Teteskan 3 hingga 4 tetes ke kapas, atau langsung pada kutil.

Tutup dengan perban. Selain dapat memastikan campuran tea tree tidak tersenggol dan tergeser, menutup kutil dapat mencegah penyebaran virus ke bagian tubuh yang lain.

 

Meningkatkan konsentrasi tea tree oil  dan menggunakannya dengan aman: 

Bila dirasa perlu, konsentrasi tea tree oil bisa ditingkatkan, dengan cara mengurangi kadar carrier oil dalam campuran. Namun, harus diperhatikan untuk melakukan patch test terlebih dahulu (langkah-langkah patch test dapat dilihat di bagian Peringatan pemakaian & efek samping) untuk memastikan bagaimana kulitmu akan bereaksi terhadap tea tree oil. Jangan lanjutkan pemakaian jika menimbulkan iritasi dan bengkak kemerahan.

 

Untuk konstentrasi tea tree oil yang tinggi (pekat), teteskan 3-4 tetes tea tree oil pada kapas. Pegang kapas di kutil selama 5-10 menit, ulangi langkah ini 2 hingga 3 kali setiap hari.

Atau, kamu dapat merekatkan kapas ke kutil menggunakan perban dan biarkan semalaman. Ingat, jika terjadi iritasi, sakit, bengkak dan kulit mengelupas (disebabkan oleh zat dengan konsentrasi tinggi), hentikan pemakaian dan bilas bersih dengan air dan sabun.