Outlet: Jalan Danau Poso no 77, Sanur ( 10am -  5pm) 

Manfaat Tamanu Oil

Minyak Tamanu atau populer disebut Tamanu oil ( spesies Calophyllum inophyllum), berasal dari ekstraksi biji tanaman tamanu. Dengan ekstraksi cold press, biji tamanu menghasilkan minyak kental, berwangi kacang, yang berwarna hijau kekuningan.

 

Meski sering terjadi miskonsepsi, para pencinta essential oil sejati pasti tahu bahwa minyak favorit kita yang satu ini bukanlah essential oil. Selain proses ekstraksi yang cukup sederhana ketimbang essential oil dan tekstur yang kental dan lembut, Tamanu oil aman digunakan tanpa harus dicampur komponen lain. 

 

Manfaat Tamanu Oil

 

Kaya akan asam lemak - Karena kandungan asam lemak yang kaya (antara lain: Alpha-linoleic acid, Oleic acid, Palmitic acid, Linoleic acid, Stearic acid dan Arachidonic acid), Tamanu oil memiliki sifat melembapkan dan menjaga nutrisi kulit. Manfaat lain dari minyak nabati dengan kandungan asam lemak bermacam-macam adalah: meredakan iritasi kulit, melembapkan dan menghaluskan kulit, memasok asam lemak ke dalam lapisan-lapisan kulit, dan pastinya membentuk physical barrier atau pembatas fisik untuk kulit.

 

Tamanu oil mengandung antioxidant yang melindungi sel tubuh dari kerusakan radikal bebas. Jumlah radikal bebas yang berlebih menyebabkan kerusakan sel dan mempercepat penuaan pada kulit. Khasiat ini menyebabkan banyaknya ditemukan kandungan Tamanu oil dalam krim anti-penuaan.

 

Sifat antibakteri dan anti jamur - sifat Tamanu oil yang satu ini dapat membantu meredakan masalah kulit yang disebabkan jamur atau bakteri seperti: eczema, infeksi luka, infeksi jamur dan acne.

 

Menyembuhkan luka dan memudarkan bekas jerawat - kandungan Tamanu oil dapat mendukung pertumbuhan sel kulit dan produksi kolagen. Maka, sangat berguna dalam menyusutkan dan menyembuhkan luka, termasuk bekas jerawat dan luka bakar tingkat rendah, karena sifat anti-radang (anti-inflammatory) yang dipunyainya.

 

Cara Pakai Tamanu Oil

 

Oleskan Tamanu oil pada bagian kulit bermasalah. 

Sebagai pelembab: aplikasikan secara tipis dan merata tamanu oil pada wajah.

Tamanu Oil bisa jadi salah satu opsi carrier oil - minyak kental yang dijadikan pelarut essential oil (konsentrat), supaya konsentrasinnya tidak terlalu tinggi, sehingga dapat diraih manfaat yang diinginkan tanpa terjadi iritasi kulit. Campurkan beberapa tetes essential oil favoritmu pada tamanu oil. Ingat, jangan sampai konsentrasi campuran terlalu tinggi, ya! Panduan umum yang disarankan adalah menjaga campuran di sekitar 2,5% sampai 3% konsentrasi (5 tetes essential oil : 2 sendok teh carrier oil).

Sebagai masker wajah: campurkan tamanu oil dengan bahan alami seperti madu, alpukat atau oats, dengan merata dalam wadah mangkuk bersih. Pastikan oats, daun ataupun bahan lainnya ditumbuk halus supaya tidak melukai kulit. Oleskan pada wajah bersih, dan biarkan masker selama 15 sampai 20 menit, hindari area mata sensitif.

 

Resiko yang harus diperhatikan.

 

Tidak untuk digunakan pada mereka yang punya alergi kacang - karena termasuk dalam kelompok kacang-kacangan, Tamanu oil dapat memicu reaksi kalian yang punya alergi kacang.

Tidak untuk konsumsi dalam, hanya untuk pemakaian luar (kulit). Bukan suplemen yang dimakan.

Dapat menyebabkan iritasi dan reaksi alergi, khususnya pada kulit yang lebih sensitif. Disarankan untuk melakukan patch test sebelum aplikasi langsung. Lakukan patch test dengan cara mengoles dalam jumlah kecil, ke bagian dalam lengan, 2 kali sehari dalam seminggu. Jika kulit menjadi gatal, merah atau bengkak, jangan lanjutkan penggunaan di area lain.

Tamanu oil diperuntukkan sebagai pelembab dan bukan sebagai pengobatan medis. Hubungi dokter ataupun dermatologis untuk mendapat bantuan pengobatan.