Outlet: Jalan Danau Poso no 77, Sanur ( 10am -  5pm) 

TTO - Antimikroba Berspektrum Luas

Kembalinya kepopuleran Tea Tree Oil

 

Setelah penemuan penisilin dan antibiotik lain di akhir tahun 1940-an, minyak pohon teh tidak lagi sering digunakan sebagai antibiotik. Tetapi pada tahun 1980-an, ditemukan bahwa beberapa bentuk bakteri stafilokokus ("kutu pembunuh rumah sakit"), menjadi resisten terhadap antibiotik methicillin dan vancomycin (Methicillin-resistant Staphylococcus aureus atau M.R.S.A.). Setelah antibiotik gagal mengatasi permasalahan ini, minyak Pohon Teh Australia (Australian Tea Tree Oil) sekali lagi, terbukti efektif bahkan terhadap bakteri yang kebal akan antibiotik. Kembalinya minat masyarakat akan minyak Tea Tree sebagai alternatif antibiotik, memulai penelitian laboratorium yang kini berskala lebih besar. Riset tersebut membuktikan berbagai sifat antiseptik, antivirus, dan fungisida yang dimiliki minyak Australian Tea Tree.

 

Antimikroba berspektrum luas

 

Apakah anda tahu? Banyak minyak esensial lain juga dapat membunuh bakteri. Tetapi uniknya, selain mengatasi bakteri, Australian TTO dapat membunuh berbagai jenis jamur dan lumut. Minyak esensial yang satu ini memiliki fungsi antibakteri, antivirus, dan anti jamur yang berspektrum luas.

 

Australian Tea Tree Oil efektif menghadapi tiga kategori utama organisme menular:

Bakteri (fungsi antiseptik/ bakterisida: dapat mematikan bakteri)

Virus (fungsi viricide)

Berbagai jenis jamur, jamur mold, dan lumut (fungicide)

 

Daftar sifat terapeutik Australian Tea Tree oil termasuk: anti-infeksi, antibiotik, antiseptik, antivirus, bakterisida, balsamik, ekspektoran, fungisida, stimulan untuk imun, insektisida, dan stimulan. Sifat anti jamurnya membuatnya efektif melawan berbagai infeksi jamur pada kulit kepala, kulit, dan kuku kaki.

 

Fungsi antivirusnya menjadikannya pengobatan yang cocok untuk melawan kelompok virus herpes, seperti herpes simplex, herpes zoster, dan kutil. Tea Tree Oil dianjurkan menjadi bagian dari kotak P3K, karena essential oil ini dapat membantu pengobatan berbagai kondisi ringan. Sifat anti-inflamasi dan anestesinya mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa sakit, sementara sifat antibakterinya mencegah infeksi dan meminimalkan bekas luka.

 

Gunakan secara topikal untuk semua penyakit kulit, luka, luka bakar, jerawat, cold sore/ herpes simplex, bisul, kutil, kurap, ruam kulit, herpes, kutu, gigitan serangga, dan infeksi jamur. Sebagai pelarut organik, Tea tree oil dapat melarutkan nanah (gumpalan sel darah putih), dan membuatnya dibersihkan oleh (terbawa) aliran darah, sehingga membantu menyembuhkan luka, bisul, luka, dan jerawat yang terinfeksi.

 

Hasil penelitian sampel 

 

Penelitian telah membuktikan bahwa  Australian TTO membunuh bakteri gram negatif dan gram positif, bahkan kuman yang membandel seperti Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa dan Escherichia coli. Tidak seperti beberapa antiseptik sintetis, Australian tea tree oil bekerja tanpa merusak sel-sel sehat. Tabel berikut menunjukkan seberapa efektifnya dalam menghambat pertumbuhan beberapa mikroorganisme terkenal.